Review: SONATEC PR-898



Sonatec Pr-898
Saya tidak mendapatkan referensi mengenai produsen radio ini di internet.
Apalagi type PR-898 yang akan saya review ini.
Yang ada adalah type lainnya yg di jual beberapa seller di forum jual beli online.
Jadi jika ada yg tahu lebih ttg radio ini,mohon mengisi kolom komentar di bawah ya ?

Yang jelas,radio ini saya dapatkan NOS saat hunting di sebuah toko elektro tertua di kota saya.
Saya ingat betul,dulu di toko inilah semasa SMP,saya sering membeli PCB Ronica buat rakit intercom kabel.
Puluhan tahun berlalu,tapi toko ini juga masih menjual barang-barang lawas seperti Radio Tape,juga cassete nya.
Wah... saya jadi berfikir,ternyata masih ada juga yg hobby beli cassete tape di jaman mp3 sekarang ini ??

Tampak belakang
Saya tertarik membeli radio ini,karena ada tulisan "High Sensitivity Radio" di sebelah mereknya.
Tulisan itu membuat saya tertantang untuk menjajal kepekaan tangkapan radio ini.
Di samping itu tampilan gelombang radio ini sudah digital,wah..mungkin ini model yg canggih waktu itu.

Sedikit review plus minus menurut saya mengenai radio ini adalah:

Soket listrik
Tombol tuning
PLUS :
+ Sesuai dg tulisannya,radio ini benar-benar sensitive di semua band.
+ Band yang lebar (12 Band),mulai FM,AM,SW1-10).
+ Suara yg bagus (bas dan treble seimbang),lembut,pas untuk teman tidur.
+ Bentuknya simple,pengoperasiannya tidak sulit,lcd besar,plastik cassing cukup solid
+ Ada soket AC,lumayan buat irit batere.
+ Ada alarm untuk membangunkan kalau ada janjian (alarm berupa suara desis FM   yg cukup keras)


MINUS :
- Tidak berisi cuk headset.
- Yang paling merepotkan untuk yg pertama punya: Saat tombol on di pencet,radio  ini  tidak langsung bunyi.
  Tidak ada desis atau suara apapun,seperti speaker mati.
  Untuk itu,tombol volume UP harus di tekan agak lama sekitar 4 detik ,barulah fungsi   volume jalan.

Kejadian volume ini,sempat membuat saya ragu untuk membelinya waktu itu. Saya kira radio ini rusak.
Pemilik toko juga sudah sangat sepuh,beliau tidak ingat cara pengoperasiannya,bahkan harganyapun beliau sudah lupa ( hehehe,aneh ya? ).
Karyawannya memberi saya harga yg sangat terjangkau untuk radio sebagus ini,dan besoknya saya mau borong,ternyata stoknya sudah habis.

6 Response to "Review: SONATEC PR-898"

  1. Anonymous Says:
    August 4, 2013 at 10:19 PM

    Raio Sonatek PR8989 ini, aslinya bernama Pearl River-PR989 (PR - singkatan Pearl River)dan diproduksi oleg YinGuang Electronics Industry.Co Ltd. GuangZou, China.
    Alamat di Web: http://www.ygradio.com dan Emailnya: stl@ygradio.com.
    Saya memiliki sebanyak 5 (lima) buah radio RR898 versi ASLI, yang saya beli sekitar bulan Juni-Desember 2009.
    Pada saat itu (sekitar tahun 2009 - 2010an) saya sering mengunjungi web di atas, dan sangat banyak model-model yang diproduksi. Saya sudah memiliki koleksi dari produk PR ini sebanyak sekitar 9 tipe, dengan masing-masing tipe sebanyak 2 - 5 buah. Total koleksi saya untuk produk radio ini lebih kurang sebanyak 40 - 45 buah.
    Akhir-akhir ini, sejak 2012-2013, nampaknya alamat Web (http://www.ygradio.com) nampaknya sdh tidak lagi menampilkan produk-produk tersebut.Tetapi. apabila ingin mencoba mengunjungi web/situs tersebut, silahkan.
    Semoga informasi ini berguna.
    Terima kasih
    Salam
    Sumarhadi.

  2. Anonymous Says:
    August 4, 2013 at 10:31 PM

    Ralat komentar sebelumnya.

    Radio Sonatek PR898 ini, aslinya bernama Pearl River-PR898 (PR - singkatan Pearl River)dan diproduksi oleg YinGuang Electronics Industry.Co Ltd. GuangZou, China.
    Alamat di Web: http://www.ygradio.com dan Emailnya: stl@ygradio.com.
    Saya memiliki sebanyak 5 (lima) buah radio RR898 versi ASLI, yang saya beli sekitar bulan Juni-Desember 2009.
    Pada saat itu (sekitar tahun 2009 - 2010an) saya sering mengunjungi web di atas, dan sangat banyak model-model yang diproduksi. Saya sudah memiliki koleksi dari produk PR ini sebanyak sekitar 9 tipe, dengan masing-masing tipe sebanyak 2 - 5 buah. Total koleksi saya untuk produk radio ini lebih kurang sebanyak 40 - 45 buah.
    Akhir-akhir ini, sejak 2012-2013, alamat Web (http://www.ygradio.com) nampaknya sdh tidak lagi menampilkan produk-produk tersebut. Tetapi, apabila ingin mencoba mengunjungi web/situs tersebut, silahkan.
    Semoga informasi ini berguna.

    Terima kasih
    Salam
    Sumarhadi
    Jakarta.

  3. MM says:
    August 4, 2013 at 11:07 PM

    Trimakasih sekali buat pak Sumarhadi yg sudah memberikan banyak info mengenai radio ini.
    Salam kenal dari Bali,dan semoga sukses untuk anda.

  4. MobineSSia says:
    September 19, 2013 at 1:46 AM

    Bli Ming, tuning radio ini masuk kategori analog (dgn varco) atau sudah PLL ya? (dengan multiturn potensio & dioda varaktor).

  5. MM says:
    October 29, 2013 at 1:06 PM

    @ maaf baru bisa balas comentnya.
    Mengenai radio ini apakah analog atau PLL terus terang saya belum sempat membukanya.
    Tapi dari tampilan layarnya yg sudah memakai display angka,sepertinya ini memakai system PLL.
    Maaf jawabannya kurang memuaskan,salam sukses untuk anda.

  6. Unknown says:
    July 14, 2018 at 6:53 PM

    Cara pembeliannya gimana om kalo langsung dari Electronics Industry.Co Ltd. GuangZou, China

Post a Comment